Skip to main content

Inilah Cara Agar Terhindar Dari Jerawat


Wajah mulus merupakan impian setiap orang. Tapi impian sudah pasti tidak sejalan dengan kenyataan. Contohnya saja wajah tetap kusam dan jerawatan. Sudah banyak cream yang digunakan bukannya mengurangi jerawat, tapi malah bertambah parah. Soal Jerawat adalah soal biasa, semua orang pasti jerawatn, karena proses ini merupakan proses pertumbuhan yang normal pada manusia.

Ada banyak cara untuk menghilangkan jerawat anda, termasuk dengan menggunakan sabun racitan dokter ahli, cream merek terkenal, dan lain sebagainya. Tapi apakah anda berpikir, bahwa masih ada cara yang lebih mudah dan murah dari penggunaan cream ataupun sabun diatas.

Terlebih dahulu kita cermati apa itu jerawat, apa sebenarnya yang menjadi penyebab jerawat tumbuh? Menurut dokter ahli Gloria Novelita, SpKK, sudah banyak penelitian tentang makanan penyebab jerawat, tapi hingga saat ini belum ada yang terbukti. "Makanan bukan penyebab utama dari jerawat, ini berkaitan dengan hormonal orangtua, diet yang salah, serta pola makan yang salah", jelasnya.

Dibawah ini adalah langkah-langkah yang bisa dipraktekkan dirumah agar jerawat bisa sembuh dengan cepat bagi yang jerawatnya sudah parah, dan agar terhindar dari jerawat bagi yang belum sama sekali disentuh dengan jerawat.

1. Jagalah kebersihan badan, utamanya daerah muka, rajinlah membersihkan muka, setiap selesai melakukan aktifitas sempatkan mencuci muka dengan sabun yang anda rasa cocok dengan muka anda, atau gunakan air saja, tanpa perlu sabun. Untuk muslim/muslimah, ada tips agar muka berseri-seri setiap saat, cukup ambil air wudhu (ini secara tidak langsung, adalah proses pembersihan wajah dengan air).

2. Bagi sudah terlanjut parah jerawatnya, diperlukan perawatan khusus, dimana pertama kali yang harus dilakukan adalah melancarkan sirkulasi udara pada pori-pori yang tersumbat oleh jerawat. Penyumbuhan penyumbatan ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan sabun yang cocok dengan kulit wajah, sehingga dengan sendiri nanti, penyumbatan akan pecah, dan lambat laun wajah akan kembali bersih dari jerawat.

3. Jaga pola makan, lakukan perilaku hidup sehat, rajin olahraga. Kelebihan salah satu kandung zat makanan, seperti lemak dan protein ini akan membuat beredaran darah ke waja menjadi tidak lancar yang pada akhirnya, jerawat akan tumbuh disana.

4. Jangan sekali-sekali memecahkan jewarat, karena ini tidak akan mempercepat proses penyembuhan, melainkan akan membuat jerawat bertambah banyak. Jadi bagi yang memiliki kuku panjang, segera untuk memotongnya, karena ini akan sangat berbahaya untuk wajah cantik/ganteng anda.

Nah itulah cara agar muka/wajah terhindar dari jerawat. Intinya kebersihan harus tetap di jaga. Utamanya daerah yang sering ditumbuhi jerawat yaitu wajah atau muka.

Comments

10 Artikel Teratas

Penyakit Kudis, Gejala, Dan Pengobatannya

Kudis merupakan suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh parasit. Meskipun tidak berbahaya, rasa gatal yang hebat dapat mengganggu. Kudis dapat menular ke orang lain dan lebih umum terjadi di lingkungan hidup yang sangat padat dan sanitasi yang jelek, melalui sentuhan dengan penderita atau baju/peralatan tempat tidur penderita (sprei, selimut, sarung bantal, dll).

Gejala-gejala :
Terdapat bintil kecil berwarna merah pada kulit, biasanya pada tangan, lipat siku, sekitar alat kelamin, dan lipatan tubuh lainnya. Garis berwarna putih/merah di kulit ( merupakan liang pada kulit yang dibuat oleh tungau untuk menaruh telurnya ). Rasa gatal yang hebat Luka/koreng, yang disebabkan oleh garukan 
Komplikasi:
Infeksi sekunder. Rasa gatal setelah sembuh/eksim  Penyebab 
Gangguan pada kulit disebabkan oleh parasit yang sangat kecil yang disebut tungau kudis yaitu Sarcoptis scabei termasuk familia Arthropoda.

Hal Yang Dapat Dilakukan 
Kunjungi dokter bila anda menduga terserang kudis, karena sangat mudah…

Pepsodent Obat Oles Jerawat

Pepsodent yang dikenal untuk pasta gigi ini ternyata memiliki fungsi lain yaitu bisa menghilangkan jerawat. Bahan yang terkandung dalam pepsodent seperti enzim-enzim dipercaya dapat membunuh kuman-kuman penyebab jerawat di muka.

Cara pemakaian Pepsodent sebagai obat jerawat:
1. Ambil pepsodent, oleskan di bagian yang berjerawat.
2. Disarankan di waktu luang atau saat menjelang tidur.
3. Cocok untuk jerawat yang bentuknya benjolan besar, dengan pepsodent ini, maka benjolan akan segera kempis.

Nah itulah kegunaan lain dari pepsodent yaitu bisa dijadikan alternatif obat jerawat. Selamat mencoba.

Bagaimana Cara Kerja Shampo Anti Ketombe ?

Ketombe atau dandruff merupakan sel-sel kulit mati yang terkelupas dari kulit kepala. Jika menyisir rambut atau menggaruk kepala yang gatal, ketombe akan jatuh seperti serpihan serpihan salju. Penyebab munculnya ketombe masih menjadi perdebatan. Penemuan terakhir para ilmuwan menyebutkan bahwa dalang utama penyebab ketombe adalah jamur Malassezia globosa.

Sebagiannya lagi masih meyakini bahwa penyebab ketombe adalah karena pertumbuhan jamur yang kelewat subur bernama Pityrosporum ovale di kulit kepala. Pertumbuhan P.ovale menyebabkan iritasi lokal dan mengakibatkan hiperproliferasi sel (keratinosit) yang membentuk kerak-kerak yang semakin banyak. Kerak-kerak ini kemudian rontok dan menjadi ketombe.

Shampo anti ketombe umumnya bekerja melalui tiga cara. Pertama, bahan-bahan seperti tar batubara bersifat antikeratostatik yang bertugas menghambat pembelahan sel keratinosit. Kedua, detergen dalam shampo bersifat keratolitik, berfungsi sebagai pembongkar kerak-kerak di kulit kepala. K…