Skip to main content

KERACUNAN MAKANAN ( GASTROENTERITIS )

    Gangguan perut parah yang ditandai dengan diare, mual, muntah dan kram perut akibat masuknya zat racun ke dalam sistem saluran pencernaan. Gangguan ini disebut juga radang lambung dan usus (GASTROENTERITIS) atau flu usus. Penyakit ini sangat mengganggu kesehatan biasanya disebabkan oleh berbagai faktor seperti: bakteri, parasit atau virus yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan, alat-alat makanan atau masuk dari tangan yang tidak bersih. Selain itu juga disebabkan alergi makanan tertentu, minuman keras  dan penambahan zat-zat kimia kedalam makanan. Tanda-tanda penyakit gasroenteritis adalah perasaan mual, kejang-kejang perut, diikuti dengan muntah diare, demam, tidak enak badan, dubur seperti terbakar dan feses mangandung darah/berlendir.

    Beberapa pencegahan atau perawatan yang dapat di lakukan diantaranya:
  1. Jagalah kebersihan tangan, alat makan dan alat masak.
  2. Pilih produk makanan yang masih baru, jangan beli makanan dalam kaleng yang kemasannya talah rusak.
  3. Ganti cairan yang hilang dengan kuah kaldu dan minuman manis.
  4. Jangan diberi makan apa-apa selama masih muntah. Jika muntah terus menerus dan tidak mau berhenti, segera bawa ke rumah sakit.
    Pengobatan herbal dapat dilakukan dengan menggunakan cara-cara di bawah ini yaitu :
  • 30-60 gram pegagan segar, cuci bersih.
  • 200 cc air kelapa hijau yang muda.
  • Madu secukupnya.
    pembuatan :
  • Cuci bersih pegagan, blender semua bahan lalu saring.
  • Tambahkan madu lalu minum airnya,lakukan 2x sehari.
  • Untuk mengatasi dehidrasi karena muntah dan diare, minum air kelapa hijau muda.

NAMA : ANDI SRI KALSUM
KELAS : IX B
   

Comments

10 Artikel Teratas

Penyakit Kudis, Gejala, Dan Pengobatannya

Kudis merupakan suatu penyakit kulit yang disebabkan oleh parasit. Meskipun tidak berbahaya, rasa gatal yang hebat dapat mengganggu. Kudis dapat menular ke orang lain dan lebih umum terjadi di lingkungan hidup yang sangat padat dan sanitasi yang jelek, melalui sentuhan dengan penderita atau baju/peralatan tempat tidur penderita (sprei, selimut, sarung bantal, dll).

Gejala-gejala :
Terdapat bintil kecil berwarna merah pada kulit, biasanya pada tangan, lipat siku, sekitar alat kelamin, dan lipatan tubuh lainnya. Garis berwarna putih/merah di kulit ( merupakan liang pada kulit yang dibuat oleh tungau untuk menaruh telurnya ). Rasa gatal yang hebat Luka/koreng, yang disebabkan oleh garukan 
Komplikasi:
Infeksi sekunder. Rasa gatal setelah sembuh/eksim  Penyebab 
Gangguan pada kulit disebabkan oleh parasit yang sangat kecil yang disebut tungau kudis yaitu Sarcoptis scabei termasuk familia Arthropoda.

Hal Yang Dapat Dilakukan 
Kunjungi dokter bila anda menduga terserang kudis, karena sangat mudah…

Pepsodent Obat Oles Jerawat

Pepsodent yang dikenal untuk pasta gigi ini ternyata memiliki fungsi lain yaitu bisa menghilangkan jerawat. Bahan yang terkandung dalam pepsodent seperti enzim-enzim dipercaya dapat membunuh kuman-kuman penyebab jerawat di muka.

Cara pemakaian Pepsodent sebagai obat jerawat:
1. Ambil pepsodent, oleskan di bagian yang berjerawat.
2. Disarankan di waktu luang atau saat menjelang tidur.
3. Cocok untuk jerawat yang bentuknya benjolan besar, dengan pepsodent ini, maka benjolan akan segera kempis.

Nah itulah kegunaan lain dari pepsodent yaitu bisa dijadikan alternatif obat jerawat. Selamat mencoba.

Bagaimana Cara Kerja Shampo Anti Ketombe ?

Ketombe atau dandruff merupakan sel-sel kulit mati yang terkelupas dari kulit kepala. Jika menyisir rambut atau menggaruk kepala yang gatal, ketombe akan jatuh seperti serpihan serpihan salju. Penyebab munculnya ketombe masih menjadi perdebatan. Penemuan terakhir para ilmuwan menyebutkan bahwa dalang utama penyebab ketombe adalah jamur Malassezia globosa.

Sebagiannya lagi masih meyakini bahwa penyebab ketombe adalah karena pertumbuhan jamur yang kelewat subur bernama Pityrosporum ovale di kulit kepala. Pertumbuhan P.ovale menyebabkan iritasi lokal dan mengakibatkan hiperproliferasi sel (keratinosit) yang membentuk kerak-kerak yang semakin banyak. Kerak-kerak ini kemudian rontok dan menjadi ketombe.

Shampo anti ketombe umumnya bekerja melalui tiga cara. Pertama, bahan-bahan seperti tar batubara bersifat antikeratostatik yang bertugas menghambat pembelahan sel keratinosit. Kedua, detergen dalam shampo bersifat keratolitik, berfungsi sebagai pembongkar kerak-kerak di kulit kepala. K…